10.21.2010

Cari Persamaan Sproket
2010-04-23 20:34:55
4418pindah-power---endro-1.jpgUntuk mendapat nafas yang panjang dan top-speed lebih di Yamaha New Jupiter-Z, salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan ganti komposisi sproket. "Perbandingannya diubah lebih kecil," terang Lukman, Chief mekanik Yamaha Permata Motor, dealer Yamaha di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.4419pindah-power---endro-2.jpg

Sproket asli bawaan New Jupiter-Z dan Vega ZR sama 15/40. "Kalau mau sederhana, tinggal kurangi mata gir belakang. Tapi, jangan terlalu kecil, biar enggak berat pakai yang 38 mata," terang pria kalem ini.

Cuma, untuk ubah gir New Jupiter-Z tidak semudah generasi sebelumnya. "Khusus Jupie dan Vega baru, rantainya beda. Pakai ukuran 420, lebih kecil dibanding Jupiter lama atau generasi Yamaha sebelumnya yang 428," tambah Lukman. Sehingga, kalau mau ganti sproket sesama punya Yamaha, misal F1Z-R yang lebih kecil jumlah matanya, musti ganti sekalian dengan rantainya.

Satu hal lagi, "Jupiter baru pengunci sproket ada holdernya. Sementara model lama kan cukup pakai spi. Kalau pasang, holder bisa diganjal ring biar enggak oblak, baru pakai spi," papar mekanik ramah ini.

Kalau mau lebih gampang lagi, pakai variasi sproket aftermarket yang bisa untuk rantai 420. "Termasuk pakai punya Honda Karisma. Tapi, musti sesuaikan lubang bautnya lagi," kata Lukman mengingatkan.

Penulis/Foto : Chuenk/Endro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar