10.21.2010

Suntikan Udara Segar
2010-08-06 22:05:37
5242air-injection-nurfil1.jpgPasokan udara ke ruang bakar sangat mempengaruhi performa motor. "Dari prinsip itulah kami coba membuat tambahan pasokan udara ke intake sehingga hasilnya pasti langsung terasa di performa motor," kata Afandi, dari Afandi Motor Sport (AMS) yang membuat sistem air injection di Yamaha V-ixion. Tapi, ini hanya untuk motor injeksi lho.

Air injection berarti penginjeksian udara tambahan ke ruang bakar. Hal yang harus dimodifikasi untuk instalasi ini adalah pada bagian intake. "Kita buat lubang baru yang tujuannya menjadi suntikan udara baru tadi," tambah warga Jl. Kebayoran Lama, Gg. Kangkung, Komplek Bina Marga, No. 12A, Jakarta Selatan ini.

Lubang di bagian atas intake ini dibuat seukuran 9,5 mm. Kemudian setelah dipasang semacam corong di lubang baru ini disambungkanlah rangkain slang udara baru yang panjangnya mencapai 30 cm.

"Panjangnya slang itu tergantung dimana posisi filter udara untuk saluran ini akan kita tempatkan," tambahnya. Dengan ukuran 30 mm ini, maka bagian ujung slang yang terdiri dari filter akan bisa diposisikan di bawah jok. Sedangkan diameter luar slang 10 mm saja. Biasa dipakai untuk slang bensin atau pembuangan air aki.

Posisi ini memang perlu diperhatikan juga. "Diusahakan jangan di tempat yang terlalu panas, sehingga udara yang masuk juga tidak panas kan," kata pria berambut pendek ini.

Afandi membuat slang udara tadi bercabang dua. "Sehingga akan ada dua ujung pipa yang akan menyuplai udara tambahan, dari hasil uji coba dampaknya lebih terasa," katanya.

Pada bagian ujungnya memang terdapat filter supaya menjamin kebersihan udara yang masuk ke intake. "Karena langsung ke intake, udaranya harus bersihlah," lanjut pria yang bisa ditanya teknis di 0878-8008-1119 ini.

Filter yang digunakan copotan filter oli Shogun 125. Setelah air injection terpasang memang harus dilakukan seting ulang CO. "Setingan itu tergantung banyak hal, jika masih knalpot standar, angkanya sekitar 4-6 saja," tutup pria yang menjual produk ini Rp 380 ribu.

Penulis/Foto : Nurfil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar