10.19.2010


         Hydrometer…!!!
hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis (atau kepadatan relatif) dari cairan, yaitu rasio kepadatan cairan dengan densitas air.

hidrometer A biasanya terbuat dari kaca dan terdiri dari sebuah batang silinder dan bola pembobotan dengan merkuri atau mengarah ditembak untuk membuatnya mengapung tegak. cairan yang akan diuji dituangkan ke dalam wadah yang tinggi, seringkali sebuah silinder lulus, dan hidrometer yang lembut diturunkan ke dalam cairan sampai mengapung bebas. Intinya di mana permukaan menyentuh cairan batang hidrometer yang dicatat. Hidrometer biasanya mengandung skala di dalam batang, sehingga berat jenis dapat dibaca secara langsung. Berbagai skala ada, dan digunakan tergantung pada konteks.

Hidrometer dapat dikalibrasi untuk kegunaan yang berbeda, seperti alat pengukur jumlah susu untuk mengukur kepadatan (creaminess) dari susu, saccharometer untuk mengukur kepadatan gula dalam cairan, atau pengukur banyaknya alkohol untuk mengukur kadar alkohol yang lebih tinggi dalam roh.
                                                                                                  
Prinsip hidrometer
Operasi hidrometer didasarkan pada prinsip Archimedes bahwa tersuspensi pada fluida akan didukung oleh kekuatan sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Dengan demikian, semakin rendah kerapatan zat tersebut, lebih jauh hidrometer akan tenggelam. (Lihat juga kepadatan relatif dan hidrometer.)





Kisaran
Dalam cairan kepadatan rendah seperti minyak tanah, bensin, dan alkohol, hidrometer akan tenggelam lebih dalam, dan dalam cairan kepadatan tinggi seperti air garam, susu, dan asam itu tidak akan tenggelam sejauh ini.
Bahkan, biasanya memiliki dua instrumen yang terpisah, satu untuk cairan berat, di mana tanda 1.000 untuk air sudah dekat bagian atas batang, dan satu untuk cairan cahaya, di mana tanda 1.000 sudah dekat bagian bawah. Dalam banyak industri satu set hidrometer digunakan - mencakup rentang berat jenis 1,0-0,95, 0,95-0,9 dll - untuk memberikan pengukuran yang lebih tepat. hidrometer modern biasanya mengukur berat jenis tetapi skala yang berbeda (dan kadang-kadang masih) digunakan dalam industri tertentu. Contoh termasuk:

    
* API gravitasi, universal digunakan di seluruh dunia oleh industri minyak bumi.
    
* Baume skala, sebelumnya digunakan dalam industri kimia dan farmakologi
    
* Brix skala, terutama digunakan dalam jus buah, pembuatan anggur dan industri gula
    
* Oechsle skala, digunakan untuk mengukur kepadatan grape must
    
* Plato skala, terutama digunakan dalam pembuatan bir
    
* Twaddell skala, sebelumnya digunakan dalam pemutihan dan industri pencelupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar