10.21.2010

Digoyang Baru Keluar
2010-08-27 22:20:31
5438lampucabe1.jpgDi dalam batok lampu bukan cuma ada bohlam ukuran besar terpasang di reflektor. Untuk menerangi panel instrumen di dasboard, juga tersedia bohlam ukuran kecil. Oleh orang bengkel atau mekanik umum, part itu kerap disebut bohlam cabe. Mungkin karena bentuk dan ukurannya kecil seperti cabe dan cahayanya lumayan jelas.

Namun karena ukurannya kecil sehingga proses pemasangan ke terminal bohlam jadi sangat sulit. Pada saat bohlam cabe alami korslet hingga kawat di dalam bohlam putus, untuk lakukan perbaikannya pun harus ektra hati-hati.

“Usahakan saat mengeluarkan bohlam cabe dari rumah terminal bermaterial karet, jangan tarik dari kabel yang keluar. Kalau kabel putus karena ditarik paksa, repotnya penjepit kaki bohlam di terminal susah dikeluarkan,” terang Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur sekolah mekanik Hartomo Mechanical Training Centre (HMTC) di Jl. Tole Iskandar, Depok.5439lampucabe2.jpg

Dijelaskan Boim, untuk mengeluarkan bohlam cabe putus di dalam dasboard memang beda dengan melepas bohlam lampu utama yang punya ukuran lebih besar. Soale, bohlam lampu utama biasanya lebih dulu dipasang di lubang rumah reflektor, lalu diperkuat dengan dikunci pakai fiting lampu.

“Fiting lampu dari bahan pelat kan ada kakinya. Ada kaki 3 atau 4. Bahkan ada juga bohlam lampu utama yang diikat lebih dulu di fiting lampu macam Suzuki Thunder 125. Lantas kaki fiting lampu diselipkan di lubang reflektor sebagai penguncinya,” imbuh Indra, mekanik Abdi Jaya Mandiri di Jl. Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Berbeda dengan cara lepas bohlam cabe yang terminalnya dari karet tanpa ada tanda pengunci. Terminal karet kemudian ditancapkan dalam-dalam di lubang rumah bohlam yang mengarah ke dasboard. Sedang penguncinya hanya andalkan kesetnya karet di lubang rumah bohlam yang berukuran diameter sedikit lebih besar.

Lantas untuk mencabut terminal karet bohlam cabe dari lubang fiting, Indra pun kasih trik. Jurus ini dimasudkan agar kabel bohlam tidak gampang putus, serta mempemudah porses mengeluarkan terminal tanpa merusak.

“Gampang sih. Awalnya, coba dicungkil pantat terminal pakai obeng min sekelilingnya perlahan agar tidak merusak. Lanjut pantat terminal yang sedikit nongol digoyang-goyang sampai keluar hingga tampak bohlam cabenya,” imbuh Indra dan Boim.

Begitu juga langkah sebaliknya jika bohlam cabe sudah diganti. Tapi, kalau ada terminal bohlam cabe yang ada gambar penguncinya atau lock, cara goyang terminal jangan dilakukan. Sebab, proses pengunci cukup dengan cara memutar terminal ke arah kiri atau kanan.

Penulis/Foto : Kris/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar