10.21.2010

Punya CBR150 Tinggal Pasang
2010-05-21 22:02:19
4609karet-vakum-cbr150-yudi-2.jpgAda tawaran menarik nih! Iya, untuk sobat pemilik Honda Vario. Ketika servis karburator, bisa saja ada salah perlakukan. Iya, karet karbu vakum atau orisinal ikut dicuci dengan bensin.

Meski tujuannya untuk membersihkan kotoran, tapi boleh dibilang itu cukup diharamkan. Sebab, kelamaan karet bisa getas dan akhirnya keras. Jika sudah begitu, pastinya kudu ganti karet vakum lagi. Sehingga, skep bisa terangkat.

Tapi sayang, karet karbu itu agak sulit didapat di pasaran. Mungkin, ini baru mungkin lho, mungkin saja karena part itu termasuk part slow moving ya? Sehingga, jarang ada pedagang stok.

Begitunya jangan merasa kesulitan. Karena, part itu bisa subsitusi lho. “Bisa pakai punya Honda CBR150,” ungkap Heri dari workshop TZT di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan.

Menurutnya sebenarnya ada satu part yang bisa lebih mudah disubsitusi. Yaitu, milik Honda BeAT. Tapi sayangnya juga, agak sulit mencari part itu. Setidaknya jika subsitusi dengan milik BeAT, tidak hanya karet atau skep saja yang bisa subsitusi. Tapi, bisa seluruh komponen di karbu. Soale, sama plek!

Balik lagi ke karbu milik Honda CBR150. Untuk karbu ini, part yang bisa disubsitusi adalah karet vakum dan botol skep. “Meski diameter venturi karbu CBR150 28 mm, tapi skep masih bisa dipakai. Kecuali jarum skep. Karena lebih panjang punya CBR,” bilang pria yang akrab disapa Gembel ini.

Oh ya! Untuk karet vakum CBR ini, juga enggak sembarang dijual di pasaran. Mungkin, hanya ada di bengke tertentu. Misalnya, bengkel yang sering melayani motor CBU asal Thailand ini.

“Karet vakum CBR ini, bisa subsitusi juga punya Suzuki Satria F-150. Dijual sekitar Rp 75 ribuan,” bilang Sumantri, owner Chips Motor, bengkel motor yang sering servis motor CBU di bilangan Jl. Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Penulis/Foto : Eka/Yudi

2 komentar:

  1. Untuk jarum skep yg sudah nggk bs dipakai lgi subtitusi nya ada nggk bang?

    BalasHapus
  2. Karet vakum karbu cbr 150 bs di kanibal ama karet apa ya gan,tq

    BalasHapus