10.21.2010

Biang Roda Gak Center
2010-05-21 22:02:17
4610hal14_bosarm1.jpgPenyemplak Kawasaki Ninja 150 ngeluh roda terasa gak center. Antara roda depan dan belakang enggak lurus. Ntar dulu, jangan buru-buru tuding ada kesalahan pada produknya.Tengok dulu kondisi bos arm dan bos roda belakang. Jika udah kemakan bisa jadi itu yang jadi biang motor terasa enggak center.

Menurut Armiando, mekanik Paddock Speed Clinic di Jl. Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang banyak terima konsumen sport Kawasaki, bos arm dan bos roda bisa jadi penyebab motor tenggak center. "Gejalanya gampang kok dirasa. Dari gejalanya itu, juga bisa dideteksi apa penyebabnya," terang Ando, penggilan akrabnya.

Bos di as lengan ayun berada di antara dua laher bambu. "Jika ngencengin as terlalu berlebihan, atau laher sudah enggak optimal tapi dipaksakan, bos akan kemakan. Cirinya bagian pinggir sudah terkikis. Otomatis, panjang juga berubah. Bakal ada jeda meski sangat kecil pada posisi laher," terangnya.

Begitu juga dengan bos as roda. Kalau sering dibuka kemudian ngencenginnya enggak bener, artinya bukan cuma laher aja yang kena. Tapi juga bos. "Cara melacaknya juga gampang. Standar tengah, lalu goyangin tuh roda belakang. Kalau roda oblak, berarti ada yang gak beres di laher.

Cek juga bos bagian pinggir, sudah termakan atau belum. Gitu juga lengan ayun. Kalau digeser ke kanan dan kiri lengan ayun ada sela, berarti sudah oblak juga tuh," pasti Ando.

Pengecekan lurus atau tidaknya posisi roda juga tidak semata berdasarkan feeling. Pastikan dicek serius antara roda depan dan belakang. "Lihat dari posisi rantai. Kalau enggak lurus pasti terlihat. Jika rantai dan ban lurus tapi begitu dilihat masih dirasa miring. Bisa jadi akibat bodi atau sepatbor belakang yang memang miring. Pastinya bukan dari sasis," tegas Aldo.

Penulis/Foto : Chuenk

4 komentar:

  1. Iya ni motor ku kawasaki ninja ss, juga terasa miring kalo dilihat dari roda belakang roda depan terasa lari ke kanan

    BalasHapus
  2. Bukan hanya kawasaki yang kena gituan ... saya sering amati yang lagi kendara di depan saya, ada mega pro, thunder, scorpio, bahkan saya pernah liat ada vixion model terbaru yang udah kena kayak gitu ....

    BalasHapus
  3. PANTEKKK... MASALAH2 ITU SERING TERLIHAT.
    KARENA SETIAP PERAKITAN MOTOR YG MEMAKAI SWING ARM MONO SHOCK. SLALU KENDALA MIRING.
    APA QC MOTOR DI INDONESIA ASAL JADI SAJA. NAMA SAJA KEBANYAKAN DARI JEPANG. TAU..LAH KAMU KLW JEPANG TELITI DAN DETAIL KLW PERAKITAN.
    TETAPI DI INDONESIA SENDRI MERAKIT SAJA MACAM PUKI AYAM..
    2 X SAYA BELI MOTOR. SLALU ISSUE SEPERTI INI.
    **TAPI ITU SEMUA GK PENTING YG PENRING BISA JALAN DAN SAMPAI.. **

    ITULH MOTO INDONESIA KEBANYAKN.

    BalasHapus
  4. Motor satria fu saya juga kek gtu boss ban depan ny lari ke kiri gak tau knap bosss kek ny mintak di bakr boss notor ny

    BalasHapus