10.21.2010

Cek Seting Awal dan Busi
2010-09-29 17:18:33
5670ganti-karbu-yudi-1.jpgGanti karburator berventuri lebih gede perlu trik menyetel pilot dan main-jet juga. Sebab kalau salah-salah, buang duit banyak karena beli beragam ukuran pilot-jet dan main-jet.

Menurut Samsuri, mekanik bengkel PJ Motor, di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sebagai patokan awal, pakai ukuran pilot-jet dan main-jet sesuai di karbu orisinalnya. Alasannya, sebab suplai bahan bakar takkan berubah jauh.

"Mau diganti dari Mikuni ke Keihin, atau Keihin ke Mikuni, sama aja. Sebab, ukurannya gak jauh beda," ujar mekanik akrab disapa Bule itu.5671ganti-karbu-yudi-2.jpg

Menurut Bule, ciri pilot-jet gak pas, motor susah distart. Sebab pilot-jet fungsinya untuk suplai bensin ketika mesin pertama distarter. Jika kekecilan, asupan bahan bakar terlalu sedikit.

"Pilot-jet kebesaran, motor pun susah hidup. Kayak motor kebanjiran. Blebek! Mastiin kekecilan atau kebesaran, lepas busi. Kering, berarti pilot-jet kekecilan, kalo basah, kebesaran," jelas Bule lagi.

Jika bisa hidup, belum berarti pilot-jet pas. Mencari pasnya, coba setel bukaan angin. Awali dari menutup sekrup penye–tel hingga mentok ke kanan.

"Kalo ditutup mesin gak mati, pilot-jet masih kekecilan. Tapi, jika dibuka sampai mentok gak mati, pilot-jet kebesaran," urai pria berkulit putih itu .

Cara lain, motor digeber. Kalau putaran mesin ke rpm stasioner lama, atau nembak-nembak, berarti pilot-jet kekecilan. Jika kebesaran, saat digas mesin mbrebet. Dan, saat gas dilepas setelah digeber-geber, mesin mati.

"Memastikannya, lepas busi. Kalau lingkaran berwarna putih kering, pilot-jet kecilan. Sebaliknya, jika kebesaran, lingkaran busi hitam dan basah," urai Bule.

Tes main-jet lebih mudah. Digeber, lalu lihat busi. Jika kekecilan, kepala busi putih dan kering. Bila kebesaran, elektroda busi hitam atau basah. Yang pas, cokelat muda.

Penulis/Foto : Aries/Yudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar