10.21.2010

Modal Tang Atur Kedipan
2010-04-01 20:27:05
4251atur-kedip---endro-1.jpgLampu sein atau turn signal di beberapa daerah disebut dengan lampu reting. Merupakan lampu pemberi aba-aba ketika pengendara mau belok atau berganti arah. Tanda ini dikenali lewat lampu kecil yang berkedip. Jadi, pengendara lain atau orang di sekitar jalan dapat menyadari bahwa ada kendaraan yang akan berganti arah.

Nah, lampu sein yang berkelip ini diperintah lewat perangkat elektronik yang biasa disebut flaser. "Kalau flaser rusak, lampu sein hanya menyala, tidak berkedip," ujar Andri Darsono dari bengkel G2C di Cinere, Depok.

Kedipan sein ini biasanya sudah diatur oleh pabrikan. Jeda menyala lampu sein bervariasi, biasanya 1,5 sampai 2 kali menyala bergantian tiap detiknya setelah sakelar sein mulai diaktifkan.

"Kalau mau ngoprek sedikit sebetulnya kedipan lampu sein bisa diatur nyalanya-matinya. Seru aja biar kelihatan beda dengan motor lain pada umumnya," jelas mekanik berambut lurus ini.4252atur-kedip---endro-2.jpg

Caranya cukup sederhana. Enggak perlu tambahan peranti elektronik dan lainnya. Oleh Andri langsung dipraktikkan pada sein Honda BeAT. Cukup siapkan obeng kembang dan min serta bantuan tang buaya.

Lanjut pada tahap pengerjaan. Tahap awal lepas dulu flaser yang posisinya ngumpet di dalam cover setang. Tepatnya dudukan flaser dari bahan karet itu terletak di bawah spidometer Honda BeAT.

Butuh obeng kembang buat melepas empat sekrup baut plus yang mengikat cover penutup setang Honda BeAT. "Hati-hati mebuka cover setang, jangan sampai braket penguncinya pecah," wanti Andri.

Setelah flaser bisa dilepas dari soket, giliran ngulik bagian dalam flaser. Untuk melakukannya buka rumah flaser yang dibuat dari bahan plastik itu menggunaka obeng min. "Tinggal cungkil aja bagian ujung flaser untuk membuka rumahnya. Setelah itu, bagian jeroan flaser sudah bisa dilihat," urai Andri lagi.

Bagian dalam flaser terdiri dari gulungan kawat halus dan sebuah kapasitor yang posisinya sejajar. Untuk mengatur kedipannya mudah, tinggal atur posisi pelat bagian paling atas sebagai dudukan pelatuk yang memerintahkan lampu sein berkedip.

Untuk mengaturnya lamanya lampu sein berkedip, cukup ditekuk secara perlahan posisi pelat sebagai dudukan pelatuk tadi dengan manfaatkan tang buaya. Hati-hati jangan sampai gulungan kawat terluka atau putus karena itu bakal merusak flaser.

“Atur tekukan dengan tang tadi sampai kedipan atau jeda menyala lampu sein sesuai keinginan,” jelas mekanik yang baru saja menikah ini.

Jika kedipan lampu sudah oke, jangan lupa flaser dirakit dan kemudian pasang kembali pada tempatnya.

Penulis/Foto : Belo/Endro

18 komentar:

  1. Elco ukuran berapa agar kedipan sein cepat ? mohon perncerahanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1000uf udh lumayan. Gak terlalu cepet kedipnya. Ambil yang diatas 12v ya elconya

      Hapus
  2. @Arizky: Nggak perlu ganti elconya lah.. kan pelatuknya udah di kecilin jaraknya. Otomatis sen lebih cepat ngedip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirim gambar coba gan belum paham ane nya

      Hapus
  3. Kalo ngatur flashernya vixion gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti aja elconya gan. Pakek 1000uf 12v atau lebih. Kan elco standardnya 2200uf kalo gak salah.

      Hapus
  4. Gannn tlong masukin dong gambarnyaa. Inii susahh nyari yg mana dudukan pelatnya ituuu pdahal motor saya beat. Jadi bingung sendiri iniii. -_-

    BalasHapus
  5. Saran ane ganti aja elco nya pake yg 1000uf..jangan rubah plat dudukan pelatuk..karena jarak plat pelatuk relay sudah diatur oleh pabrik..karena sudah disesuaikan oleh getaran motor saat jalan..belum lg kondisi jalan rusak pasti getaran lebih keras

    BalasHapus
  6. Mohon bantuannya gan, sein lampu gua mati, trus ane bawa ke bengkel, katanya flashernya mati, ama bengkel diganti tapi dengan merk lain ( yang lama Denso), sein jadi hidup tapi kedipnya kegenitan (terlalu cepat) padahal spek flasher sama, jadi gimana nich bos-bos yang pakarnya phanther agar lampu sein punya ane normal lagi (phanther ane tahun 1996) Makasih boz pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yg lokal memang kedipnya cepet gan ganti aja kapasitor nya pake 2200 mikro faead 12v

      Hapus
  7. kalau motor satria fu gimana gan

    BalasHapus
  8. Sini ane krjain lur biar lmpu sein ny kya bus malam...biar lbih kren kedipannya...murah cuma 30 aj..hub 081287577335

    BalasHapus
  9. Kalau elco buat satria kedip cepat ukuran brapa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti...pakai yg 1000uf 16 v dijamin asik ngedipnya

      Hapus
  10. Lampu sein gue pas mesin nggak hidup kedipnya normal,pas mesin di hidupin kedipnya jd lebih cepat,gimana solusinya agar lampu sein gue jd normal pas mesin hidup,mohon kasih informasi gimana solusinya gan.

    BalasHapus
  11. terima kasih gan atas ilmunya.. beat ane udah bisa kedip" ... modal tang dong tanpa ganti elco

    BalasHapus