10.21.2010

Lebih Sip Pakai Satria F-150
2010-08-20 23:49:38
5371footstep-f150-adib.jpgDulu, waktu masih pakai foostep belakang standar, pemilik Suzuki Spin 125 sering kerepotan kalau mau ikat barang bawaan di jok belakang. Sebab enggak ada lubang atau pengait tali, sehingga diikat di sembarang tempat. Mungkin itu salah satu alasan pabrikan tidak ingin pasang peranti ini demi kenyamanan berkendara.

Tapi, namanya pemilik yang masih menggangap motor sebagai tunggangan multifungsi, sehingga ada aja akalnya. Beberapa tunggagan pun dimodifikasi dengan aman, seperti dilakukan Handoko pemilik Spin 125.

"Saya punya ide untuk ganti pijakan kaki pakai punya Satria F-150 yang masih satu pabrik. Apalagi pakai footstep belakang Satria F-150 punya dua keuntungan,” papar warga Moh. Kafi I, Ciganjur, Jakarta Selatan ini.

Keuntungan pertama bentuk pijakannya lebih ke bawah juga lebar. Posisi kaki boncenger nggak gampang pegal. Kedua, di belakang pemegang batang pijakan kaki ada lubang. Fungsinya selain buat nahan kaki, juga bisa buat pegangan tali kalau untuk ngikat barang.

Bukan hanya itu, Handoko juga bilang untuk mendapatkan komponen itu termasuk sangat mudah. Baik di dealer atau bengkel resmi Suzuki atau di toko variasi. Terlebih di pasaran juga sudah tersedia produk KW2 dengan harga kisaran Rp 50 ribuan.

Kalau sudah dapat barang dimaksud, sekarang lanjut tinggal bahas cara pasang. Kembali ditegaskan bapak dua anak ini kalau pasangnya pun enggak harus bawa ke tukang bubut atau tukang las. Mengingat posisi dudukan baut maupun bentuk pijakan kaki Spin 125 dan Satria F-150 sama persis.

Selanjutnya buka 2 baut L 10 pengikat footstep di kanan dan di kiri bodi motor untuk melepaskannya. Setelah itu, ambil footstep Satria F-150 untuk ditempatkan pada bekas pijakan kaki lama. Lalu masukkan baut L 10 ke ulir pada rangka sambil dikencangkan pakai kunci L.

Beres akh!

Penulis/Foto : Kris/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar