10.21.2010

Solusi Tambah Hentakan
2010-05-14 21:13:25
4553per-kopling---endro-1.jpgPastinya penggeber Kawasaki KLX150 untuk adventure ataupun kompetisi ogah ribet soal komponen. Intinya spare-parts dari tipe atau merek apa pun yang penting cocok dan enggak masalah dipasang ke KLX150 asalkan lebih sip. Salah satunya substitusi komponen per dan kampas kopling untuk KLX150.

Memang, clutch spring dan clutch friction bukan termasuk komponen fast moving atau spare-parts yang masa pakainya singkat. Tapi, faktor respon putaran mesin waktu handel kopling ditekan dan dilepas salah satunya ditentukan spesifikasi pegas.

“Per kopling KLX kayaknya memang cuma untuk harian. Minim hentakannya. Kalau mau, bisa coba pakai punya Yamaha Jupiter MX 135LC. Pakai kampas kopling Honda GL-Pro juga mendukung respon putaran mesin,” ujar Agus ‘Kinoy’ Fernandes, mekanik dan tunner bengkel Dede Motor, Tangerang, Banten.4554perkopling2.jpg

Kinoy bilang per kopling genuine Jupiter MX bukan cuma harganya yang terjangkau. Tapi juga gampang didapat di bengkel umum. Banderol per satuan pegas kopling Jupiter MX Rp 35 ribu. “Per kopling KLX150 yang orisinal susah dicari kecuali di bengkel resmi,” jelas Kinoy yang spesialis korek tunggangan grasstrack.

Tapi, ada risiko paling dasar kalau per kopling Jupiter MX dipakai untuk KLX150. Pegas clutch Jupiter MX lebih tinggi dua ulir dibanding punya KLX150. Logikanya tangan akan pegal, malah bisa kesemutan, kalau diaplikasi untuk tunggangan harian. Apalagi, kondisi jalan yang padat merayap dan memaksa mesti tekan handel kopling terus.

“Memang, penggunaannya buat balapan atau adventure. Motor bisa digas terus dan tangan enggak sering nekan handel kopling,” pasti Kinoy lagi.

Pemasangan pegas kopling Jupiter MX ke KLX150 tinggal pasang, tanpa ada ubahan. Tapi, jangan lupa siapkan stopper alias ring dengan ukuran ketebalan 1 mm. Stopper yang tebalnya 1 mm disiapkan untuk masing-masing per. Jadi, total ring ada 4. "Nantinya, respon bukaan kopling lebih cepat. Enggak perlu keseringan selip kopling lagi," bilang Kinoy.

Kampas kopling Honda GL-Pro dianggap menguntungkan kalau penggunaannya dihentak. Soalnya material kampas punya GL-Pro lebih tebal 0,2 mm dibanding punya asli punya KLX150. "Kampas pun tinggal pasang," ungkap Kinoy.

Penulis/Foto : Niko/Endro

2 komentar:

  1. Itu mas pnp klx yg punya megapro tingal masuk aja.. Gk hafus ganti apa apa kan om

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya,semoga tidak hentinya berbagai ilmunya

    BalasHapus