10.21.2010

4516hal14_moncongknalpot.jpgPengalaman tak menyenangkan dialami Heri warga Lenteng Agung-Jakarta Selatan, saat parkir motor Suzuki New Satria F-150 di tempat nggak aman. Diketahui moncong knalpot standar bentuk oval di ujung silencer nggak di tempatnya lagi. Apes nggak, tuh.

Memang buat awam, ini dianggap tidak terlalu berharga. Pasalnya, bentuk yang unik hanya ditujukan untuk mempermanis tampilan. Sehingga bila part itu terpisah, bentuk asli pipa pelepas sisa gas bakar itu akan terlihat aneh juga kasar.

“Jika ada gantinya dan mudah didapat di bengkel resmi Suzuki sama sekali tidak masalah. Repotnya kalau enggak ada atau harus ganti satu set dengan harga lumayan mahal. Kalau pun ada di dealer, biasanya kudu sabar lantaran nunggu datang barang,” sesal Heri yang baru beberapa bulan pakai Satria F-150.

Pastinya persoalan serupa juga pernah dialami pemilik motor sejenis yang tak disebutkan satu per satu. Namun dari komentar mereka, hampir rata-rata mengaku kesal kenapa baru diketahui sekarang. Apalagi diklaim kalau cara bukanya cukup pakai kunci L untuk mengendurkan ke-3 baut.

Yang sudah mengalami persoalan ini bisa dijadikan pengalaman berharga. Tapi buat yang belum, jadikan informasi ini untuk solusi mengatasinya.

Seperti diutarakan Lusep Sugiharto mekanik Kahanan Motor. Katanya ada dua cara. Pertama, bisa pakai baut pengganti yang bentuk kepalanya beda dengan baut standar.

“Biasanya pencuri selalu bawa kunci umum dipakai kendurkan baut standar moncong knalpot. Mengecohnya silakan ganti baut kepala bintang atau segilima ukuran tidak umum, seperti baut 11 atau 9 dengan alur ulir sama,” ujar mekanik di Jl Jagakarsa Raya, No. 51, Jakarta Selatan.

Kemudian jika ingin baut lebih kuat lagi mengikat di silincer, saran Lusep silahkan tambahkan lem pengikat baut macam merek Locktite. Dijamin butuh waktu untuk melepasnya.

Nyok dicoba.

Penulis/Foto : Kris/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar