10.21.2010

Pilih Yang Ada Sekat
2010-09-04 00:21:43
5503laher-kem-dvd-1.jpgLaher untuk noken as atau kem memang beda. Tidak hanya berfungsi sebagai bantalan yang rendah gesekan. Tapi, sekaligus sebagai sekat pelumas agar kem tidak mudah tergores.

Coba saja perhatikan kem Yamaha Mio atau Nouvo. Pada laher sebelah kanan dilengkapi sekat. “Tapi, sekatnya hanya sebelah. Bagian kiri saja,” jelas Feriandi, mekanik Kawahara Tangerang.5504laher-kem-dvd-2.jpg

Beda dengan laher roda. Di laher roda sekatnya kiri-kanan. Sekat untuk melindungi debu agar tidak masuk ke dalam gemuk dan tergerus peluru laher.

Kalau di laher kem kanan, sekat hanya ada di sebelah kiri. Fungsi sekat ini tentunya untuk menjaga pelumas yang dipompakan dari karter tidak muncrat langsung ke dalam kepala silinder.

“Sekat menjaga agar oli dialrikan lewat lubang noken as. Dari lubang ini, oli akan keluar di permukaan kem yang bergesekan dengan rocker arm. Sehingga kem dan pelatuk tidak mudah aus,” jelas Feri yang mantan mekanik Kymco itu.

Menurut Feri, sering kejadian di balap. Karena susah mencari laher khusus noken as kadang asal pasang. Menggunakan laher tanpa sekat. Akibatnya kem mudah terkikis dan aus. Durasi dan lift kem jadi berubah.

Yang perlu diperhatikan lagi, posisi sekat. “Harus menghadap ke kiri. Sehingga peluru laher akan terlumasi lebih maksimal,” wanti Feri.

Kalau susah cari laher yang sekatnya sebelah, bisa aja manfaatkan laher dua sekat seperti bearing roda. “Namun sekatnya harus dibuang sebelah,” saran Feri dari Jl. KH Mas Mansyur, Pasar Bengkok, Tangerang.

Penulis/Foto : Aong/David

Tidak ada komentar:

Posting Komentar