10.21.2010

Kenali Gejala Pompa Bensin Rusak
2010-07-30 22:39:38
5177pompa-bensin-vixion-adib.jpgIni dia masalah yang bisa menimpa Yamaha V-ixion brother! Dan tentunya juga bisa membuat pusing mekanik yang mengerjakan. Pasalnya gejala yang ditimbulkan memang sangat membingungkan. Jika enggak dirunut dan dicoba langsung, bisa-bisa duit habis! Tentu karena salah penanganan.

"Saya pernah bongkar semua bagian, bahkan ganti beberapa komponen. Ternyata yang bermasalah pompa bensin," kata Afandi, mekanik rumahan yang juga anggota klub V-ixion.

Gejala dari error atau rusaknya pompa bensin seperti aki sudah rusak. "Awalnya bisa ditandai sinar head lamp yang mendadak meredup," kata Fandi lagi.

Selain itu beberapa sistem kelistrikan lain juga menjadi kurang optimal. Misalnya pada klakson. "Karena gejala seperti itu, kadang orang langsung berpikiran untuk ganti aki baru. Eh setelah accu diganti, gejala tadi tetap ada," pasti pemilik bengkel Afandi Motor Sport (AMS) di Jl. Kebayoran Lama, Gg. Kangkung, No. 12A, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini.

Ada juga yang otomatis langsung mengganti kiprok. Tuh, ujung-ujungnya belanja lagi kan. Padahal si penyakit atau masalah yang ada masih nempel di motor. "Saat itu saya betul-betul pusing," ungkapnya.

Kemudian timbullah ide untuk melakukan pengecekan terhadap pompa bensin. "Pasalnya kan bagian ini juga membutuhkan arus listrik," kata pria yang juga pengusaha mie ayam ini.

Setelah diukur, tau-nya pompa bensin yang rusak tadi membutuhkan arus sampai 6 ampere. "Pantes saja ngedrop, sebab standarnya kan hanya sekitar 1,2 ampere," tambah pria berambut pendek.

Saat Fandi coba pinjam tangki berikut pompa bensin motor milik temannya, penyakit lampu redup dan lain sebagainya tadi malah lenyap.

Fandi juga menjelaskan bahwa memang tidak ada obatnya untuk pompa yang rusak tadi. Alias belum bisa diperbaiki. "Jadi solusinya memang harus diganti baru, tapi setidaknya dengan pengalaman seperti ini enggak perlu repot lagi jajan ini atau servis itu dulu," pesan Fandi.

Bisa lebih hemat kan?

Penulis/Foto : Nurfil/Adib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar