10.21.2010

Agar Kabel KW Seperti Ori
2010-07-30 22:39:35
5180hal16_kabel1.jpgAda 5 komponen motor yang pakai kabel. Gas, rem, kopling, tachometer dan spidometer. Dari semuanya, paling sering diganti tiga terdepan. Tapi, jangan kaget jika setelah ganti kabel gas, kopling atau rem terasa seret. Apalagi yang dipakai bukan kabel ori (orisinal) alias kualitas KW1 atau KW2 yang dijual.

Menurut Athanasius Ketut Athana Hargunanto dari bengkel Pro Tuner, Bali, itu karena ada beda spek antara kabel ori dan KW. Di kabel ori, ada lapisan plastik lagi yang melapisi kabel dengan selongsongnya. "Plastik pelapis mengurangi gesekan kabel dengan selongsong. Makanya, harga kabel orisinal lebih mahal dari KW," urai mekanik yang mangkal di area Jl. Imam Bonjol, Denpasar, Bali itu.5181hal16_kabel2.jpg

Mengganti kabel gas, kopling atau rem lebih tepat pakai ori. Tapi, bukan berarti kabel gas, rem atau kopling KW1 atau KW2 tidak halal. Sebab, kabel jenis ini yang mudah ditemukan di semua bengkel. Asal tau cara mengakalinya, kualitas kabel KW bisa mendekati ori.

Untuk menyiasatinya, perlu kerja ekstra. Tapi, sebanding harga yang didapat. Intinya, mengurangi gesekan antara kabel dengan besi selongsong.

Ada dua cara. Pertama, cukup semprot dengan cairan pelumas. Jika tidak ada lumasi dengan oli. Memang, memasukkan oli agak sulit. Sebab oli kental. Caranya kudu buat corong yang diikat di selongsong, lalu dituang pelumas.

Tapi, Ketut punya cara lebih mujarab, meski pengerjaannya butuh kesabaran ekstra. Ketut melumasinya dengan grease, atau kita biasa menyebutnya gemuk atau stemped.

"Kabel dikeluarkan dulu dari selongsongnya. Jika ada nipel atau pentolan, dipotong dulu. Oles kabel dengan grease. Sementara, selongsong dilumasi dengan oli," jelas Ketut.

Setelah cukup, masukkan lagi kabel KR5ke selongsong. Sebagai pengganti nipel yang sudah dipotong, pasang nipel yang biasa dijual di bengkel. Tinggal pilih ukuran nipel.

Pelumasan diperlukan meski pakai kabel ori. Termasuk kabel spido dan tachometer. Sering kena gesek bisa mengeringkan pelumas di selongsong. Diawali gejala seret, macet atau nyangkut. Yang parah, ya putus. Jadi, meski tanpa plastik pelapis, mutu kabel KW mendekati ori.

Penulis/Foto : Aries/GT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar