10.21.2010

Gak Perlu Satu Set
2009-10-23 21:47:59
3212hal14_staterscorpio_boyo1.jpgPemilik Yamaha Scorpio pernah dihadang kendala pada sistem elektrik starternya. Apalagi kalo Pio, sebutan sayang Scorpio, punya ente keluaran lawas. Lantaran termakan usia, beberapa peranti pada sistem starter sudah tidak bekerja dengan sempurna.

Kerusakan yang kerap dialami ketika ingin menghidupkan mesin motor. Saat tombol elektrik starter di tekan, justru cuma dinamon aja yang bergerak. Sedangkan mesin tidak ada tanda aktif berputar alias tidak mau bunyi sama sekali. Diam seribu bahasa, gitcu!

"Wah, kalau gejala seperti itu biasanya ada kerusakan pada seputar bagian laher starter atau bahasa pabriknya starter one-way assy (gbr.1)," jelas Eric Arionto S. pemilik bengkel Pit Bike di Jl. Kembang Kerep, No. 102, Meruya, Jakarta Barat.3213hal14_staterscorpio_boyo2.jpg

Gejala lain juga yang bisa terjadi bila terjadi kerusakan pada starter one-way assy tadi. Jadi, saat mesin menyala lantas kunci kontak dimatikan, pada bagian mesin terdengar bunyi tak. Kondisi seperti ini bisa terjadi terus-menerus.

Kerusakan yang terjadi pada peranti ini lantaran pelor yang ada pada bagian dalam laher sudah pada aus. Akhirnya tidak mampu berputar untuk menggerakkan peranti lain yang berhubungan secara maksimal. "Umumnya lantaran pemakaian sudah lama atau motor sudah berumur," lanjut Eric menerangkan lagi.

"Obatnya harus ganti satu set peranti yang modelnya seperti laher. Harganya part orisinalnya lumayan lho," tambah Eric yang mengatakan harga resmi di price listnya mencapai Rp 647 ribuan.

Peranti starter one-way assy ini dibanderol dengan harga tinggi oleh pabrikan. Itu karena part yang dimaksud dijual satu set. Yaitu, bagian laher dan rumah dudukannya yang berbentuk seperti cincin. Nah, dudukan inilah yang nantinya berhubungan dengan magnet.

Tenang, Eric bakal kasih solusi untuk mengembalikan kondisi starter kembali seperti semula. Tentunya dengan kocek atau dana yang bersahabat alias gak bikin kocek jebol.

"Biasanya yang rusak cuma laher aja (gbr. 2). Sementara untuk rumahnya, masih tetap bisa pakai yang lama," ungkap Eric yang menawarkan laher starter one-way assy ini dengan banderl Rp 150 ribu. Harga yang ditawarkan itu sudah berikut ongkos pasang lho.

sudah berikut ongkos pasang lho.So buat Scorpio yang punya masalah serupa silakan meluncur langsung ke bengkel Eric.

Penulis/Foto : Belo/Boyo

6 komentar:

  1. Dmana om bemgkel nya klw boleh tau

    BalasHapus
  2. Bang punya saya itu kalau distater seperti dinamonya aja yang berputar, kadang bisa hidup kadang enggak. Mohon infonya gan.

    BalasHapus
  3. Tenang gan, one way scorpio sekarang sudah banyak terserdia di online store bukalapak, tokopedia, soppie, dll, ada ori ada kw tinggal sesuai dompet anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta no wa mau pesen laher one way nya aja

      Hapus